Desa Pejengkolan Anggarakan Dana Bedah Rumah

               Pejengkolan, 22 september 2017 Permasalahan yang ada di Desa Pejengkolan Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen Jawa Tengah salah satunya adalah rumah tidak layak huni.  Untuk mengatasi permasalahan tersebut ,Pemdes harus memberikan bantuan pemugaran rumah bagi Rumah Tangga Miskin(RTM), beasiswa bagi rumah tangga miskin, modal usaha bagi kelompok ekonomi lokal , pendapatan penduduk miskin, dan pembangunan irigasi pertanian untuk meningkatkan ekonomi dalam bidang pertanian.(berdasarkan dari data pendudukan/ profil desa dan APBDES)

            Untuk mengentaskan kemiskinan tepat sasaran, Pemdes harus terjun ke lapangan dengan menggunakan metode kuesioner yang dilakukan oleh petugas Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Desa (TKP2KDES) dengan sasaran  tiap Rumah Tangga yang ada di Desa. “Pendataan untuk program pengentasan  kemiskinan di lakukan sejak tahun 2013 dengan menggunakan pendataan yang dilakukan oleh Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Desa (TKP2KDES) yang rutin tiap tahunnya”. Kata misnem salah satu anggota TKP2KDES saat dihubungi jum’at(22/09/2017).

            Dalam mengentaskan masalah kemiskinan yang terlibat di dalamnya ada masyarakat, Pemdes, dan instasi yang terkait seperti Pemda. Mengapa harus mengentaskan kemiskinan ?Angka kemiskinan yang ada di Desa Pejengkolan perlu diturunkan  agar menjadi desa yang lebih maju lagi. Kata misnem salah satu anggota TKP2KDES saat dihubungi jum’at (22/09/2017)

            Bantuan stimulan rumah tidak layak huni yang dilakukan oleh pemdes adalah membantu warga yang rumahnya tidak layak huni menjadi rumah layak huni dengan cara bantuan anggaran untuk membangun rumah yang layak huni. Untuk tahun 2017, biaya yang dianggarkan untuk  program ini berjumlah Rp 20.000.000 (APBDesa)  Rp. 20.000.000 (APBD). Dengan sasaran empat (04) rumah.

Artikel Terkini

MUSYAWARAH (UJI PUBLIK) HASIL PENDATAAN RUMAH TANGGA MISKIN TAHUN 2017

Pejengkolan, 16 Juni 2017 Pada malam ini di Balai Desa Pejengkolan diadakan Musyawarah Uji Publik hasil Pendataan Penduduk Miskin  Tahun 2017. Acara dilaksanakan pada pukul 20.00 sampai dengan 22.30 WIB acara yang dihadiri sebanyak 50 orang termasuk hadir Bpk. Agus Saptadi S.Pd (Camat Padureso) ...Baca Selengkapnya

Kunjungan Lapangan

 

Pejengkolan, 14 Janauari 2017 Dalam mewujudkan Tata Kelola Pemerintah yang Baik Baru – Baru Ini di Desa Pejengkolan Menerima Kunjungan Study Lapangan Desa- Desa di Kabupaten Kebumen Yang Tergabung Dalam Sekolah Desa Dan Anggaran (sadar )yang di fasilitasi Oleh LSM Forum Masyrakat Sipil Formasi, Peser...Baca Selengkapnya

MUSYAWARAH PENYEPAKATAN DRAFT APBDESA TAHUN 2017

Pejengkolan, Desa Pejengkolan telah mengadakan musyawarah desa antara pemerintah desa dengan Badan Permusyawatan Desa (BPD) membahas dan menyepakati draft APBDesa Tahun 2017, Yang acaranya dilaksanakan pada hari kamis (8/12/16) dengan dihadiri oleh 36 orang warga sebagai bentuk partisipasi warga dalam transparansi anggaran.

...Baca Selengkapnya

MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA (MMD) DESA SIAGA DI DESA PEJENGKOLAN

Pejengkolan, Desa Pejengkolan pada hari Kamis (8/12/16) bertempat di Balai Desa Pejengkolan melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) tentang Pendampingan Desa Siaga yang dihadiri sebanyak 20 orang yang terdiri dari Pemdes, Bidan Desa, Kader Posyandu, Lembaga desa, dan tokoh masyarakat desa.

...Baca Selengkapnya