Desa Pejengkolan Anggarakan Dana Bedah Rumah

               Pejengkolan, 22 september 2017 Permasalahan yang ada di Desa Pejengkolan Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen Jawa Tengah salah satunya adalah rumah tidak layak huni.  Untuk mengatasi permasalahan tersebut ,Pemdes harus memberikan bantuan pemugaran rumah bagi Rumah Tangga Miskin(RTM), beasiswa bagi rumah tangga miskin, modal usaha bagi kelompok ekonomi lokal , pendapatan penduduk miskin, dan pembangunan irigasi pertanian untuk meningkatkan ekonomi dalam bidang pertanian.(berdasarkan dari data pendudukan/ profil desa dan APBDES)

            Untuk mengentaskan kemiskinan tepat sasaran, Pemdes harus terjun ke lapangan dengan menggunakan metode kuesioner yang dilakukan oleh petugas Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Desa (TKP2KDES) dengan sasaran  tiap Rumah Tangga yang ada di Desa. “Pendataan untuk program pengentasan  kemiskinan di lakukan sejak tahun 2013 dengan menggunakan pendataan yang dilakukan oleh Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Desa (TKP2KDES) yang rutin tiap tahunnya”. Kata misnem salah satu anggota TKP2KDES saat dihubungi jum’at(22/09/2017).

            Dalam mengentaskan masalah kemiskinan yang terlibat di dalamnya ada masyarakat, Pemdes, dan instasi yang terkait seperti Pemda. Mengapa harus mengentaskan kemiskinan ?Angka kemiskinan yang ada di Desa Pejengkolan perlu diturunkan  agar menjadi desa yang lebih maju lagi. Kata misnem salah satu anggota TKP2KDES saat dihubungi jum’at (22/09/2017)

            Bantuan stimulan rumah tidak layak huni yang dilakukan oleh pemdes adalah membantu warga yang rumahnya tidak layak huni menjadi rumah layak huni dengan cara bantuan anggaran untuk membangun rumah yang layak huni. Untuk tahun 2017, biaya yang dianggarkan untuk  program ini berjumlah Rp 20.000.000 (APBDesa)  Rp. 20.000.000 (APBD). Dengan sasaran empat (04) rumah.

Artikel Terkini

Batu Bata dari Desa Pejengkolan

 

PEJENGKOLAN -Desa Pejengkolan mempunyai beberapa  produk desa yang asli dihasilkan oleh warga, diantaranya usaha  batu bata yang dihasilkan oleh Bpk. Tumirin (38 tahun) atau yang akrab dipanggil Bpk. Mohammad Idris. Produksi batu bata ini...Baca Selengkapnya

Potensi Sumber Daya Alam

Pejengkolan  Krajan 01 - Bendung Pejengkolan terletak di Desa Pejengkolan sebelah barat berbatasan dengan Desa Jembangan  Kecamatan Poncowarno .Bangunan Tersebut Berdiri di Atas Sungai  Bedegolan dengan Panjang Membentang 250 Meter.di Sebelah Atas Desa Pejengkolan Banyak ditumbuhi beberap...Baca Selengkapnya