Desa Pejengkolan Anggarakan Dana Bedah Rumah

               Pejengkolan, 22 september 2017 Permasalahan yang ada di Desa Pejengkolan Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen Jawa Tengah salah satunya adalah rumah tidak layak huni.  Untuk mengatasi permasalahan tersebut ,Pemdes harus memberikan bantuan pemugaran rumah bagi Rumah Tangga Miskin(RTM), beasiswa bagi rumah tangga miskin, modal usaha bagi kelompok ekonomi lokal , pendapatan penduduk miskin, dan pembangunan irigasi pertanian untuk meningkatkan ekonomi dalam bidang pertanian.(berdasarkan dari data pendudukan/ profil desa dan APBDES)

            Untuk mengentaskan kemiskinan tepat sasaran, Pemdes harus terjun ke lapangan dengan menggunakan metode kuesioner yang dilakukan oleh petugas Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Desa (TKP2KDES) dengan sasaran  tiap Rumah Tangga yang ada di Desa. “Pendataan untuk program pengentasan  kemiskinan di lakukan sejak tahun 2013 dengan menggunakan pendataan yang dilakukan oleh Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Desa (TKP2KDES) yang rutin tiap tahunnya”. Kata misnem salah satu anggota TKP2KDES saat dihubungi jum’at(22/09/2017).

            Dalam mengentaskan masalah kemiskinan yang terlibat di dalamnya ada masyarakat, Pemdes, dan instasi yang terkait seperti Pemda. Mengapa harus mengentaskan kemiskinan ?Angka kemiskinan yang ada di Desa Pejengkolan perlu diturunkan  agar menjadi desa yang lebih maju lagi. Kata misnem salah satu anggota TKP2KDES saat dihubungi jum’at (22/09/2017)

            Bantuan stimulan rumah tidak layak huni yang dilakukan oleh pemdes adalah membantu warga yang rumahnya tidak layak huni menjadi rumah layak huni dengan cara bantuan anggaran untuk membangun rumah yang layak huni. Untuk tahun 2017, biaya yang dianggarkan untuk  program ini berjumlah Rp 20.000.000 (APBDesa)  Rp. 20.000.000 (APBD). Dengan sasaran empat (04) rumah.

Artikel Terkini

SEMANGAT GOTONG ROYONG MASIH KENTAL DIDESA

Pejengkolan,03 juni 2015 ,Kegiatan gotong royong membersikan makam di desa Pejengkolan dilaksanakan serentak di  3 makam yaitu makam sigandul,makam sipeluk,makam leluhur mbahkentol jembangan.kehiatan ini dilaksanakan 2 kali dalam setahun yaitu setelah panen sebelum nyadran mulih dan ketika menjelang puasa.nyadran mulih yaitu slamatan setela...Baca Selengkapnya

PEMUTAHIRAN RUMAH TANGGA SASARAN

Pejengkolan, 02 Juni 2015,Pemutahiran Data PPLS tahun 2011 yang konon katanya sudah tidak relevan lagi di gunakan untuk program-program pemerintah di bidang sosial.Kali ini Desa diberikan Kesempatan untuk mengadakan forum pemutahiran Data terpadu yang diselenggaran oleh BPS bertempat di Balaidesa Pejengkolan.dalam pemutahiran ini desa tidak dibe...Baca Selengkapnya

KETERBUKAAN INFORMASI SEBAGAI WUJUD PENYELENGGARA PEMERINTAHAN YANG BAIK

Pejengkolan ,11 April 2015 Pendalaman Sisitem Informasi Desa Atau yang sering disebut SID yang diLaksanakan di Desa Pejengkolan Berjalan Dengan hikmat ,peserta yang dihadiri oleh 9 Desa di Kecamatan Padureso yang masing –masing desa Mengirimkan 2 orang diataranya para Oprator SID di desa .

...Baca Selengkapnya

POTENSI YANG DI LUPAKAN OLEH KAWULA MUDA

 

Tanaman Pangan: Potensi Terbesar

Ada satu hal yang menarik mengenai tanaman pangan ini. Jika bertanya ke ahli pertanian manapun, pasti akan menemukan penjelasan yang sama tentang potensi tanaman pangan di negeri tercinta ini: selama masih ada manusia, tanaman pangan tetap akan slalu dibutuhkan. Manusia butuh...Baca Selengkapnya